PI QU BAB I

Posted: Jumat, 16 April 2010 by Tri Suciyati in
0

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Laporan keuangan merupakan media informasi yang digunakan oleh perusahaan yang bersangkutan untuk mengetahui kondisi dan prestasi keuangannya kepada pihak-pihak yang berkepentingan, terutama bagi pihak kreditur, investor dan pihak manajemen dari perusahaan itu sendiri. Dalam upaya untuk pembuatan keputusan yang rasional, pihak kreditur, investor dan manajemen sebaiknya menggunakan suatu alat perhitungan yang mampu menganalisis laporan keuangan yang disajikan oleh perusahaan yang bersangkutan, untuk mengetahui keadaan dan perkembangan perusahaan tersebut.
Apabila dikaitkan dengan tujuan pihak-pihak yang berkepentingan yang ingin mengetahui keadaan perkembangan perusahaan dan kondisi keuangannya pada saat itu. Penggunaan analisis rasio keuangan merupakan pilihan sangat tepat, karena penggunaan analisis rasio keuangan akan membantu stakeholders, yaitu dalam hal: 1) memberikan dasar dalam meramalkan prospek perusahaan pada masa yang akan datang, 2) memberikan petunjuk atau gejala-gejala yang timbul dari informasi yang disajikan, dan 3) memudahkan dalam mengintepretasikan laporan keuangan.
Kreditur atau calon kreditur dalam memberikan pinjamannya kepada debitur atau calon debitur perlu mengetahui keadaan perusahaan dan kondisi keuangannya. Maka perusahaan membuat laporan keuangan yang terdiri dari neraca, dan laporan laba rugi. Jenis kredit yang digunakan kreditur dalam memberikan punjaman dananya adalah Kredit Modal Kerja (KMK). Fasilitas KMK yang diberikan dalam Rupiah maupun valuta asing untuk memenuhi modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha dengan jangka waktu satu tahun namun bisa diperpanjang.
Dengan beberapa pengetahuan yang didapat dari perkuliahan, penulis mencoba menganalisis dan mengemukakan hal-hal yang mungkin berguna bagi perusahaan untuk diterapkan, guna meningkatkan efisiensi dan efektifitas perusahaan dimasa yang akan datang, dan disesuaikan dengan kepentingan kreditur, investor dan manajemen (dalam hal ini adalah kreditur). Berdasarkan latar belakang tersebut yang telah dikemukakan diatas, maka penulis tertarik untuk membahas lebih lanjut masalah tersebut dalam bentuk penulisan ilmiah yang berjudul “ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PT XL AXIATA Tbk. SEBAGAI DASAR PEMBERIAN KREDIT OLEH BANK X”.

1.2 Rumusan Masalah
Apakah PT XL AXIATA Tbk. layak untuk diberikan kredit oleh Bank X?

1.3 Batasan Masalah
Agar penelitian ini tidak menyimpang dari pokok bahasan dan lebih terperinci, maka dalam penulisan ilmiah ini penulis membatasi pokok permasalahan sebagai berikut:
1. Penelitian Laporan keuangan dibatasi hanya per tri wulan saja pada tahun 2009.
2. Dalam penelitian ini penulis membatasi masalah yang akan dibahas hanya pada Rasio likuiditas, solvabilitas, dan rentabilitas per tri wulan pada tahun 2009.
3. Sedangkan pihak Bank menggunakan analisis kredit yang terdiri dari analisis 7C (Character, Capacity, Capital, Collateral, Condition of Economy, Constraint dan Coverage).
1.4 Tujuan Penelitian
Tujuan penulis melakukan penulisan ilmiah ini adalah:
1. Untuk mengetahui bagaimana kondisi finansial Tri wulan pada tahun 2009?
2. Apakah PT XL AXIATA Tbk. layak atau tidak untuk diberikan kredit oleh Bank X?
3. Jaminan apa saja yang diperlukan oleh Bank X jika memutuskan pemberian kredit kepada PT XL AXIATA Tbk.?
4. Berapa besarnya pinjaman yang akan disetujui oleh Bank X?
5. Bagaimana jadwal pembayaran yang harus dipatuhi oleh PT XL AXIATA Tbk.?

1.5 Manfaat Penelitian
Manfaat yang di dapat dari penelitian ini terdiri dari:
1.5.1 Manfaat Akademis
Manfaat penelitian analisis laporan keuangan PT XL AXIATA Tbk. sebagai dasar pengajuan kredit pada Bank X ini untuk memperoleh dan menambah pengetahuan tentang perhitungan laporan keuangan berdasarkan rasio-rasio likuiditas, solvabilitas, dan rentabilitas. Secara umum bagi penulis dan masyarakat juga dapat menerapkannya dalam perusahaan yang didirikan ataupun dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk proses belajar mengajar. Karya penulisan ini juga diharapkan dapat menjadi suatu bahan pustaka, referensi, para mahasiswa/i di Universitas Gunadarma.

1.5.2 Manfaat Praktis
Penulisan ilmiah ini diharapkan dapat menjadi masukan atau sebagai alat bantu bagi para kreditur pemula atau calon kreditur dalam menilai laporan keuangan perusaahan untuk pemberian kredit. Dan juga sebagai bahan
informasi dan pertimbangan bagi pihak kreditur, investor, dan manajemen perusahaan (dalam hal ini kreditur) agar dapat memberikan keputusan bagi perusahaan yang ingin mendapatkan pinjaman dana, demi kemajuan dan prestasi perusahaan yang akan datang.

1.6 Metode Penelitian
Metode yang dipergunakan dalam mengumpulkan data penelitian melalui pendekatan secara ilmiah, yang diharapkan mendapatkan hasil analisis yang cukup representative.
1.6.1 Objek Penelitian
Objek yang akan diteliti dalam penelitian ilmiah ini adalah PT XL AXIATA Tbk. (sebelumnya PT EXCELCOMINDO PRATAMA Tbk.) dan ANAK PERUSAHAAN yang beralamat di Jalan Mega Kuningan Lot E4-7 No. 1 Kawasan Mega Kuningan Jakarta-Indonesia.

1.6.2 Data / Variabel
Dalam penelitian ini, data yang digunakan adalah data laporan keuangan seperti, biaya-biaya dan pendapatan, laporan neraca dan laporan laba rugi per tri wulan pada tahun 2009. Data yang diperoleh penulis berupa data sekunder, untuk mendapatkan data tersebut penulis melakukan kunjungan ke website BEI dengan alamat http://www.idx.co.id

1.6.3 Metode Pengumpulan Data
Dalam memperoleh data dan informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan penulisan ilmiah ini, penulis menggunakan metode studi kepustakaan, yaitu mengumpulkan dan mempelajari referensi, bahan-bahan dan keterangan yang bersumber dari kepustakaan dan berhubungan dengan masalah yang akan dibahas. Penulis juga mengumpukan data yang akan diteliti dengan meminta laporan keuangan pada tahun 2009, yang memuat laporan neraca dan laporan laba rugi per tri wulan pada tahun 2009.

1.6.4 Alat Analisis
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah:
Dalam menyusun penulisan ilmiah ini, penulis menggunakan metode analisis deskriptif yaitu suatu metode penelitian yang menggambarkan dan membahas keadaan pemisahan berdasarkan fakta yang ada disertai suatu analisis, sehingga dapat memberikan gambaran yang cukup jelas.
Kemudian yang kedua adalah analisis kualitatif, yaitu analisa yang menggunakan laporan keuangan perusahaan. Alat analisa yang digunakan diantaranya rasio likuiditas, solvabilitas, dan rentabilitas. Sedangkan pihak Bank menggunakan analisis kredit yang terdiri dari analisis 7C (Character, Capacity, Capital, Collateral, Condition of Economy, Constraint dan Coverage).


NAMA : TRI SUCIYATI
NPM : 21207114
KELAS : 3EB05
PEMBIMBING : B.SUNDARI
MATKUL : RISET AKUNTANSI

0 komentar: