III. RESUME JURNAL BAGIAN 2

Posted: Rabu, 28 April 2010 by Tri Suciyati in
0

2. PERAN STRATEGIS LEMBAGA KEUANGAN MIKRO DALAM MENDUKUNG PEMBANGUNAN PERUMAHAN (Noer Soetrisno)

Pembicaraan Kredit Mikro kedalam pembiayaan perumahan mengawali babak baru pemikiran untuk mencoba lembaga keuangan mikro dibawa pada arus pembiayaan jangka menengah panjang yang berbeda dengan tradisi LKM yang hidup dari pembiayaan jangka pendek. Kita sadar setiap langkah baru selalu tidak mudah, tetapi yang dapat dipastikan langkah baru juga memberikan peluang baru dan harapan baru.

Dari segi kedudukan, penyediaan rumah yang layak, adalah hak dasar setiap warga negara dan bangsa ini mempunyai tanggung jawab memenuhinya. Kredit mikro menjadi agenda yang mendunia karena adanya realitas kehidupan usaha mikro sebagai kegiatan ekonomi berskala mikro yang unik dan sering bergerak lokal.

Dilihat dari persfektif bagaimana masyarakat Indonesia mendapatkan rumah, survey BPS 2004 melaporkan sekitar 68 % masyarakat Indonesia memperoleh atau mendapat rumah dengan cara membangun sendiri dan hanya sekitar 15 % yang membeli rumah baru dari para penjual baik pengembang, koperasi maupun perorangan.

Secara kuantitatif sasaran Pembangunan Perumahan dalam masa 2005-2009 adalah sebagai berikut:

a. Penataan,Peremajaan dan Revitalisasi 79 Kawasan
b. Membangun 1.350.000 unit Rumah Baru Layak Huni
c. Membangun 60.000 unit Rumah Susun sederhana Sewa
d. Membangun 25.000 unit Rumah susun Sederhana Milik
e. Akses Kredit Mikro pembangunan dan perbaikan rumah swadaya bagi 3.600.000 rumah tangga.

Pembangunan perumahan dalam lima tahun kedepan menjanjikan perspektif bisnis yang besar sehingga menuntut basis perluasan dukungan pembiayaan. Oleh karena disamping mengembangkan peran kredit perbankan maka peluang lembaga keuangan mikro juga sangat besar. LKM mempunyai posisi strategis untuk mendukung pengembangan perumahan baik untuk pembangunan baru maupun perbaikan.
Masuknya produk pembiayaan perumahan ke dalam bisnis LKM akan memperluas pasar dan kegiatan usaha LKM.


Sumber: http:// google.co.id/jurnal akuntansi


NAMA : TRI SUCIYATI
NPM : 21207114
KELAS : 3EB05
MATA KULIAH : RISET AKUNTANSI
DOSEN : ISTICHANAH

0 komentar: