Kiat Memilih dan Mengelola Waralaba Oleh Utomo Njoto

Posted: Rabu, 28 April 2010 by Tri Suciyati in
0

Cermat Memilih

Beberapa pedoman dalam tahapan memilih, antara lain:

1. Bila Anda menjadi investor owner-operator, pilih bidang yang kira-kira dapat Anda nikmati rutinitas kesehariannya.

2. Patut Anda pertimbangkan dalam proses memilih ini: pilihlah bisnis yang tetap dibutuhkan meski di tengah situasi krisis.

3. Pilihlah produk yang memiliki kecukupan pasar di wilayah Anda. Kecukupan pasar berarti ada permintaan (demand) yang cukup dan cenderung terus meningkat.

4. Ingat pernyataan ini: Kesuksesan di kota asal merek waralaba bukan jaminan bahwa merek itu akan sukses di lokasi Anda. Fakta membuktikan adanya beberapa merek besar dari luar negeri yang gagal dan tidak terlalu berhasil di Indonesia.

5. Sesuaikan dengan kesiapan jumlah dana Anda. Disarankan agar Anda tidak bergantung pada pembiayaan oleh bank, meski banyak tawaran untuk kredit khusus waralaba. Seandainya terpaksa, sebaiknya jumlah pinjaman tidak lebih dari jumlah utang dagang.

6. Pastikan Anda dapat mempercayai reputasi dan integritas pewaralaba, baik perusahaannya maupun pemilik dan tim manajernya. Waralaba itu terkait dengan prospek atau peluang usaha dan hubungan jangka panjang antara terwaralaba dengan pewralaba, minimum lima tahun.

7. Ujilah semua asumsi dalam proyeksi keuangan yang disajikan oleh pewaralaba, mulai dari harga jual hingga margin keuntungan, mulai dari volume penjualan hingga jumlah pelanggan dan jumlah nominal transaksi per pelanggan, juga asumsi mengenai biaya sewa.

8. Evaluasi dengan teliti isi kontrak atau perjanjian waralaba. Perhatika kewajiban pewaralaba dan terwaralaba, serta pembatasan yang diberlakukan terhadap Anda. Teliti kejelasan syarat dan biaya perpanjangan perjanjian waralaba jika jangka waktu perjanjiannya berakhir nanti.

9. Bila ada jaminan atau garansi tertentu, pastikan jaminan itu tercantum dalam kontrak dan kata-katanya mudah Anda pahami.

10. Pilih lokasi yang terbaik. Persetujuan pewaralaba terhadap lokasi yang Anda ajukan tidak memberi jaminan bahwa bisnis Anda akan lancar.


Sumber: Majalah SWA No. 15/XXV/16-25 JULI 2009


NAMA : TRI SUCIYATI
NPM : 21207114
KELAS : 3EB05

0 komentar: