III. RESUME JURNAL BAGIAN 1

Posted: Rabu, 28 April 2010 by Tri Suciyati in
0

1. BANGKITNYA FRANCHISE LOKAL (Harmanto Edy Djatmiko)

Bisnis waralaba di Tanah Air kini dikuasai pemain lokal. Masyarakat kita pun mulai sadar bahwa waralaba adalah alternatif penting untuk menggairahkan perekonomian nasional yang lesu saat ini. Anda ingin ikut mencicipi?

Berdasarkan data Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), dalam enam bulan pertama tahun 2009 (hingga juni 2009), total tercatat 1.010 usaha waralaba, dengan jumlah gerai mencapai 42.900 buah, serta mampu menyerap 819.200 tenaga kerja. Terjadi pertumbuhan bisnis franchise yang luar biasa selama beberapa bulan terakhir.

Lebih menggembirakan lagi, perusahaan lokal semakin merajai pasar franchise di Tanah Air. Juga selama enam bulan terkakhir, data AFI mengungkap, jumlah waralaba lokal mencapai 750 unit atau naik 20% dibanding tahun lalu. Adapun pertumbuhan waralaba asing relatif sedikit. Cepatnya pertumbuhan waralaba lokal, sekali lagi, membuktikan bahwa waralaba lokal memiliki proses bisnis yang tidak kalah bagus dibanding waralaba asing. Ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia sendiri sudah mulai sadar bahwa waralaba merupakan salah satu alternatif penting untuk menggairahkan perekonomian nasional yang tengah lesu saat ini.

Selain itu, pasar Indonesia juga memiliki potensi besar sebagai tempat untuk melebarkan praktik bisnis waralaba mengingat jumlah penduduk yang besar, sehingga banyak franchisor asing yang terus berusaha melebarkan sayap bisnis mereka ke Indonesia. Meskipun selama beberapa tahun terakhir pertumbuhan dan perkembangan bisnis franchise tampak begitu memukau, para calon investor tetaplah harus berhati-hati. Karena, faktanya, disamping banyak contoh keberhasilan, tak sedikit pula mereka yang gagal dibisnis ini, celakanya yang gagal ini jarang dipublikasikan.

Yang jelas, keterbukaan informasi dari franchisor adalah segala-galanya bagi calon franchisee. Satu lagi yang tak kalah penting, sebelum memutuskan berinvestasi di bisnis franchise, jangan hanya percaya kepada konsultan, tapi belajarlah langsung dari para investor yang telah terbukti berhasil dan menikmati keuntungan dalam waktu relatif lama. Jangan lupa pula, waralaba lokal sekarang tak kalah hebat.

Sumber: Majalah SWA NO. 15/XXV/16-26 JULI 2009


NAMA : TRI SUCIYATI
NPM : 21207114
KELAS : 3EB05
MATA KULIAH : RISET AKUNTANSI
DOSEN : ISTICHANAH

0 komentar: